Optimalisasi Mozilla Firefox

01 Desember 2009

Mozilla Firefox... Siapa sih yang gak tau. Meskipun menurut survei sendiri pengguna dari Mozilla Firefox masih jauh lebih kecil daripada Internet Explorer milik microsoft tapi bisa lah dibilang kalo browser satu ini adalah browser favorit semua orang. Tapi tau gak sih kalo ternyata Firefox tuh "makan" RAM lumayan besar. Saat pertama kali dijalankan Firefox akan langsung mengambil ruang di RAM sebesar 10-15Mb, dan akan terus naik seiring dengan pemakaian. Bahkan di beberapa kasus penggunaanya bisa sampai 150Mb. Gak heran kalo komputer lama-lama jadi lemot kan kalo dipake internetan, minimal browsernya hang lah. Hal ini juga baru aku sadari pas aku iseng jalanin firefox sambil ngliatin task manager, gila aja, RAM yang gak seberapa itu digerogotin ama Firefox. Setelah mencari sedikit pencerahan di google akhirnya aku nemuin juga solusinya...

Ada satu software kecil yang bernama Firefox Ultimate Optimizer, ukurannya gak lebih dari 45Kb, yang ternyata sangat ampuh dalam mengatasi masalah penggerogotan RAM yang dilakukan Firefox. Sama kayak Firefox, software ini juga gratis. Tapi untuk bisa menggunakan software ini kita harus punya minimal .Net Framework 2 di komputer kita, satu ini juga gratis kok.

Perubahan signifikan dari penggunaan Firefox Ultimate Optimizer jelas adalah memperkecil penggunaan RAM dari Firefox. Setelah aku coba, penggunaan selama berjam-jam, RAM yang dipakai ama Firefox gak pernah nglewatin 25Mb. komputer juga jadi lebih stabil, dan browsing juga nyaman, Firefox gak hang sama sekali.

Nah untuk yang mau coba software ini boleh download disini.

Get This 4 Column Template Here
Get More Templates Here